SMK Gak Bisa Lolos SNMPTN ? Kata Siapa ? Ini Jamunnya.

 Image result for sukses snmptn   

      SNMPTN merupakan ajang seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan menggunakan nilai dan sertifikat untuk acuannya. Dan pesertannya adalah seluruh sekolah yang terdaftar di seluruh Indonesia. Dan faktannya yang terjadi siswa SMA selalu banyak yang tembus SNMPTN, sedangkan untuk SMK ? hanya segelintir orang saja. Baiklah disini saya akan membagikan tips lolos SNMPTN dari SMK :
  1. Sekolah, usahakan kalian kalo mau masuk SMK masuklah di SMK yang terakreditasinnya sudah “A”. Karena kuota SNMPTN juga didasarkan pada terakreditasi sekolah, semakin bagus terakreditasi sekolah semakin banyak siswa yang berkesempatan untuk mengikuti SNMPTN.
  2. Nilai Rapot, usahakan sejak awal masuk kalian sudah bersungguh sungguh, bersantainnya sedikit saja. Inshaallah usahakan kalian akan terbayarkan, dengan bersungguh sungguh sejak awal maka nilai rapot kalian pasti juga akan cenderung stabil di atas, atau kalo berangkat dari bawah maka kalian harus mengusahakan agar selalu meningkat. Nah agar bisa lolos SNMPTN usahakan kalian minimal masuk 10 besar terus selama 5 semester dan nilai kalian juga harus dimaksimalkan, jika tidak bisa semua nilai, minimal nilai kejuruannya saja yang kalian maksimalkan, karena dengan nilai kejuruan yang baik, maka PTN akan cenderung lebih memilih kalian daripada siswa yang lain.
  3. Sertifikat, nah ini yang penting, usahakan masa SMK kalian pernah mengikuti lomba, syukur syukur kalo lomba lomba bergengsi atau mungkin lomba yang diadakan di universitas negeri, yang seperti itu akan membuat peluang lolos SNMPTN kalian semakin besar.
  4. Alumni, untuk yang ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh sih menurutku, yang penting kakak kalian yang pernah lolos SNMPTN berperilaku baik di kampusnya, syukur syukur kalo malah berprestasi karena akan semakin membuka pintu untuk adik-adiknya dan jangan sampai kakak kelas kaian yang lolos SNMPTN melarikan diri atau dalam artian tidak daftar ulang di kampus yang menerimannya, karena yang seperti itu akan menutup pintu adik-adiknya untuk melanjutkan ke kampus tersebut.
  5. Do’a. Jika keempat diatas sudah terpenuhi jangan lupa berdo’a agar kalian tidak sampai salah pilih universitas negeri, karena ini semua juga menyangkut masa depan kalian, berdo’alah agar ditunjukan universitas negeri yang terbaik untuk kalian dan masa depan kalian.
     Itu semua juga dapat berhasil apabila kalian memenuhi prosedur SNMPTN dengan benar, selamat berjuang adik-adikku pejuang SNMPTN. Semoga kalian berhasil dan Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon